Skip to main content

Advanced RenPy for Educational Game


UPHx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Course 

Course Advanced RenPy Programming merupakan course daring lanjutan mengenai fitur-fitur Ren’Py di tingkat lanjutan. Dalam mata kuliah ini, siswa akan mempelajari bagaimana menggunakan fitur-fitur Ren’Py tingkat lanjut dan mengimplementasikan dalam game yang telah dibuat. Fitur-fitur yang akan diajarkan melingkupi bagaimana membuat assessment pembelajaran dalam game, fitur-fitur GUI tingkat lanjut, dan bagaimana membangun aplikasi Ren’Py untuk berbagai platform. Course ini merupakan mata kuliah daring berbasis project yang harus ditempuh selama kurang lebih 30 jam pembelajaran. Siswa akan belajar secara daring dengan panduan pengajar yang professional di bidangnya. Terdapat materi dan audio visual berupa tutorial yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa. Pada akhirnya pengukuran kompetensi dilakukan melalui pengumpulan portfolio proyek game yang dikembangkan sendiri oleh siswa dengan menggunakan RenPy.

Bobot sks : 5

Syarat Mata Kuliah: -

 

Capaian Pembelajaran

  1. Siswa mampu merancang modul assessment dalam game menggunakan fitur tingkat lanjut Ren’Py;
  2. Siswa mampu mengkreasikan elemen dan komponen GUI khusus dalam Ren’Py;
  3. Siswa mampu membangun gameRen’Py dalam berbagai macam platform.

 

Course Outline

INTRODUCTION

Topik 1: Penggunaan Screen Dalam Programming

Topik 2: Penggunaan Button Dalam Programming

Topik 3: Penggunaan Image Button Dalam Programming

Topik 4: Membuat Bank Soal

Topik 5: Membuat Randomisasi Soal dan Jawaban

Topik 6: Membuat Batas Waktu Kuis (Timer)

Topik 7: Build Program Ren’Py untuk PC

Topik 8: Build Program Ren’Py untuk Non-PC (Web dan Android)

FINAL PROJECT

 

Pengajar

Kusno Prasetya, Ph.D.

Email : [email protected]

Profil Dosen :

Kusno Prasetya, Ph.D. merupakan Dosen Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan artificial, analisis data, dan jaringan untuk massive multiplayer online gaming (MMOG). Ia memperoleh gelar S1 Sarjana Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, gelar Master of Information Technology (Hons) dan Doctor of Philosophy in Information Technology (PhD) dari Bond University di Australia.

 

Louis Khrisna Putera Suryapranata, S.Kom., M.T.I.

Email : [email protected]

Profil Dosen :

Louis Khrisna Putera Suryapranata, S.KOM., M.T.I. merupakan dosen Program Studi Teknik Informatika. Dia mengajar mata kuliah Pengantar Game TechnologyGame DesignAuthoring and ScriptingSistem Media InteraktifMultiplayer & Networked GamesTechnopreneurship, dan Studio Perancangan Aplikasi Game. Bidang minatnya meliputi pengembangan game, dan gamifikasi. Ia memperoleh gelar S1 Teknik Informatika dan S2 Teknik Informatika dari Univeristas Bina Nusantara. Ia juga merupakan seorang Game Developer di Eterna Palace Games.

 

Referensi

Dokumentasi pemrograman Ren'Py : https://www.renpy.org/doc/html/

Tutorial pemrograman Python : https://www.w3schools.com/python/

Dokumentasi bahasa Python : https://docs.python.org/3/index.html

  1. Nomor Kursus

    MCED0003
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    12
  5. Bahasa

    English
  6. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.