Skip to main content

Nursing Informatics


UPHx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah:

Dalam mata kuliah ini, siswa akan mengeksplorasi penggunaan informatika dalam praktik keperawatan dan perannya dalam meningkatkan layanan perawatan dan peningkatan kualitas. Penerapan kompetensi literasi digital dalam praktik keperawatan akan dibahas. Siswa akan menganalisis masalah yang berkaitan dengan perlindungan privasi, kerahasiaan, integritas data, dan keamanan informasi kesehatan. Mata kuliah ini juga akan membahas tentang penggunaan teknologi informasi dan alat jejaring sosial dalam mengkomunikasikan informasi kesehatan untuk penyedia layanan kesehatan dan konsumen.

In this course, students will explore the use of informatics in nursing practice and its role in improving nursing care services and quality improvement. The application of digital literacy competencies in nursing practice will be discussed. Students will analyze issues related to protecting privacy, confidentiality, data integrity, and security of health information. The use of information technologies and social networking tools in communicating health-related information for healthcare providers and consumers will be discussed.

Bobot : 2 SKS

Capaian Pembelajaran:

  1. Menjelaskan penggunaan teknologi informasi, komunikasi, dan telehealth untuk meningkatkan layanan asuhan keperawatan. / Explain the use of information technology, communication, and telehealth to improve nursing care services.
  2. Mendiskusikan penggunaan teknologi informasi dalam mendukung kualitas dari hasil yang didapatkan pasien dan/ atau peningkatan kualitas. / Discuss the use information technology in supporting quality patient outcomes and/or quality improvement.
  3. Menjelaskan sistem informasi kesehatan dan rekam medis elektronik. /  Explain the health information system and electronic medical record.
  4. Menganalisis masalah yang berkaitan dengan privasi, kerahasiaan, integritas data, dan keamanan informasi kesehatan. / Analyze issues related to privacy, confidentiality, data integrity, and security of health information.
  5. Mendemonstrasikan kolaborasi dan komunikasi dengan tim perawatan kesehatan lain yang terkait dengan informasi kesehatan. / Demonstrate collaboration and communication with other healthcare teams related to health information.
  6. Mengkritik pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial dalam praktik profesional, promosi kesehatan, dan pendidikan pasien. / Critique the utilization of information technology and social media in professional practice, health promotion, and patient education.

 

  • Rencana waktu untuk menyelesaikan modul: 8 minggu
  • Syarat Mata Kuliah: Mata Kuliah ini dapat diikuti untuk mahasiswa dari Program Pendidikan Keperawatan.
  • Jenjang Mata Kuliah: S1

Silabus:

Modul A : Introduction and Perspective

  • Topic 1 : Introduction

  • Topic 2 : Historical Perspective on Nursing Informatics

  • Topic 3: Ethical Perspectives on Nursing Informatics

Modul B : Patient care: Safety, Records, and Education

  • Topic 1: Electronic Health Records

  • Topic 2: Patient Safety

  • Topic 3: Patient Care Management

  • Topic 4: Patient and Community Education

MID-TEST

Modul C : Other Applications: Telehealth, Education, Research

  • Topic 1: Telehealth

  • Topic 2: Health Information and Social Media

  • Topic 3: Overview of Education Applications

  • Topic 4: Overview of Research Applications

FINAL-TEST

 

Dosen Pengampu:

Christine L. Sommers, Ph.D, RN, CNE

[email protected] 

Christine Sommers bergabung dengan UPH pada Agustus 2012 sebagai dosen di Fakultas Keperawatan. Dia meraih gelar sarjana dalam bidang Keperawatan dari Cedarville University pada tahun 1989, gelar masternya dalam bidang Keperawatan dari Universitas Washington pada tahun 1992, dan sertifikat postmasternya di Pendidikan Keperawatan dari Washington State University pada tahun 2010. Saat menyelesaikan disertasinya untuk gelar Ph.D. dalam Program Keperawatan di University of Kansas, dia sedang meneliti praktik mengajar terbaik sambil mengajar siswa keperawatan yang beragam secara budaya. Dia memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman sebagai perawat perawatan intensif dan pendidik perawat. Dia bersertifikat sebagai pendidik perawat dan merupakan CCRN Emeritus. Dia menikmati kesempatan untuk memberikan seminar kepada perawat dan penyedia layanan kesehatan lainnya di beberapa negara dan di seluruh Indonesia.

 

Ian Ruddy Mambu, BSN, MPH          

[email protected]

 

 

 

 

 

 

Referensi Utama:

McGonigle, D., Mastrian, K. (2018). Nursing Informatics 4th Edition.

dan Artikel lain seperti yang ditugaskan / Other articles as assigned

  1. Nomor Kursus

    NU1406
  2. Kelas Dimulai

    Feb 20, 2023
  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    6
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.