Perilaku Konsumen dan Kewirausahaan
UPHx
Description
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan dalam kelompok peminatan Psikologi Industri Organisasi. Mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai perilaku masyarakat yang muncul terhadap stimulasi yang diciptakan oleh pasar, serta mengetahui pemanfaatan strategi psikologi oleh industri dalam memprediksi dan mengelola perilaku konsumen. Perilaku konsumen pada masyarakat juga akan dikaitkan dengan perspektif kekekalan yang tidak bertolak belakang dengan perspektif wawasan Kristen Alkitabiah. Selain itu, akan dibahas pula aspek-aspek psikologis yang terlibat dalam pembentukan sifat kewirausahaan pada individu, pembuatan rencana bisnis (business plan), dan bagaimana mengatasi persoalan psikologis pada suatu usaha bisnis.
Capaian Mata Kuliah
- Mahasiswa menguasai konsep dasar dan teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, dan organisasi sebagai konsumen.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan menggambarkan gejala psikologi individu pada konteks entrepreneurship.
- Mahasiswa mampu menyusun pengkajian mengenai implikasi pengembangan atau implementasi prinsip-prinsip psikologi konsumen berdasarkan nilai-nilai Kristen, serta kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam menghasilkan solusi yang konstruktif.
- Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu perilaku konsumen terkini, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya berdasarkan perspektif psikologi dan wawasan Kristen Alkitabiah.
- Mahasiswa mampu menyusun konsep rencana bisnis yang dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila yang dimaknai dalam Wawasan Dunia Kristen Alkitabiah.
Course Staff
Samuel Adiprasetya Isaputra, M.Psi., Psikolog
Lecturer Universitas Pelita Harapan