Skip to main content

Interaksi Manusia & Komputer


UPHx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Interaksi Manusia Komputer merupakan bidang studi yang mempelajari aspek-aspek yang mempengaruhi interaksi antara manusia/user dan komputer (aspek: manusia, hardware, software, lingkungan), serta cara-cara untuk meningkatkan kemudahan penggunaan komputer oleh user (usability).  
Mata kuliah ini akan fokus pada perancangan UI/UX Design. Mahasiswa akan mempelajari UI/UX Design dari awal hingga dapat mengerjakan project dengan menerapkan metode yang tepat dan sistematis.
Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilakukan dengan self-paced.

Bobot sks: 3 

Capaian Pembelajaran

  1. Mahasiswa memahami konsep dasar User Interface dan User Experience
  2. Mahasiswa memahami tahapan dalam Design Thinking
  3. Mahasiswa dapat membuat User Flow sebagai bagian dari proses UX Design
  4. Mahasiswa memahami Fundamental dari UI Design serta mampu membuat UI Design
  5. Mahasiswa dapat membuat Prototyping sebagai bagian dari proses UX Design
  6. Mahasiswa dapat memahami bagaimana melakukan Usability Testing sebagai bagian dari proses UX Design

Silabus

Modul 1 : Pengantar Intraksi Manusia dan Komputer

  • Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer
  • Pengantar UI dan UX
  • Pengantar HCD

Modul 2: Design Thinking

  • Tahapan Design Thinking
  • Pengenalan konsep Double Diamond
  • Pernyataan PoV
  • Pengenalan HMW

Modul 3 : Define & Ideate Process

  • Define Process
  • Ideate Process
  • Praktik Proses Define dengan Figma
  • Praktik Proses Ideate dengan Figma

Modul 4: User Flow & Wireframe

  • Pengantar User Flow
  • Pengantar Wireframe
  • Praktik User Flow
  • Praktik Wireframe

Modul 5: Fundamental of UI Designs & Design System

  • Fundamental of UI Designs

Modul 6: Design System & Praktik UI (Figma)

  • Pengantar Design System
  • Praktik membuat UI Style Guide (UI Kit)
  • Praktik Desain UI dengan Figma

Modul 7: Prototyping

  • Pengenalan Konsep Prototyping
  • Praktik Membuat Prototyping dengan Figma

Modul 8 : User Research

  • Pengenalan Konsep User Research
  • Macam-Macam Usability Metric
  • Persiapan Usability Testing

 

Dosen Pengampu

Okky Putra Barus, S.Kom., M.M., M.T.I.
Email: [email protected]

Okky Barus merupakan praktisi IT yang telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun mengakselerasi kinerja perusahaan melalui penerapan teknologi. Ia merupakan penganut multidisiplin ilmu yang memperoleh dua gelar Magister yaitu Magister di bidang Manajemen dan Magister di bidang Teknologi Informasi. Ia memperoleh berbagai sertifikasi internasional seperti Certified in IT Service Management dari Quint Wellington Redwood (USA), Certified International Project Management Professional dari Pasas Institute (Singapore), Digital Marketing Certified, dan Adobe Certified.

Saat ini, ia melayani sebagai ketua program studi Sistem Informasi (Kampus Kota Medan) UPH. Ia aktif mengajar, dan terlibat dalam berbagai project penelitian, dan juga publikasi buku. Bersama mahasiswa ia menghadirkan berbagai gerakan untuk mendukung mahasiswa mencapai versi terbaik dirinya dengan berprestasi di luar kampus. Beberapa prestasi yang telah dicapai mahasiswa bimbingannya antara lain Juara 1 Nasional Gemastik di bidang Desain Pengalaman Pengguna, UI/UX Competition, Business Case Competition, startup competition dan sebagainya. Okky Barus juga merupakan seorang pembicara publik dan juga mentor yang telah bekerjasama dengan berbagai institusi swasta dan pemerintah seperti Google, Gojek, Kemkominfo, Kemenparekraf dan sebagainya. Ia memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di bidang aplikasi mobile dan juga juara 1 Indonesia Teacher Prize 2020 presented by ruangguru.

Jefri Pangaribuan, S.Kom., M.TI.
Email: [email protected]

Jefri Junifer Pangaribuan merupakan dosen tetap di program studi Sistem Informasi (Kampus Kota Medan) Universitas Pelita Harapan. Ia mengajar mata kuliah Interaksi Manusia & Komputer, Metodologi Penelitian, Penulisan Karya Ilmiah, Pengantar Sistem Informasi, dan Business Intelligence & Data Analytics, serta IT Security & Risk Management. Bidang minatnya meliputi data mining, machine learning, decision support system, dan UI/UX.

Ia terlibat dalam research grant dari DIKTI, selain itu ia aktif dalam berbagai kegiatan penelitian dan publikasi di jurnal nasional maupun internasional. Ia aktif mengabdikan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan mentoring, pelatihan serta menjadi narasumber di berbagai kegiatan sekolah dan kampus.

 

Resources:

Wathan, A. & Schoger, S. (2018). Refactoring UI.

The Design Thinking Playbook: Mindful Digital Transformation of Teams, Products, Services, Businesses and Ecosystems (Michael Lewrick, 2017).

The Design Thinking Toolbox: A Guide to Mastering the Most Popular and Valuable Innovation Metods (Patrick Link, 2020)

Design Thinking for Strategic Innocation: What They Can’t Teach You at Business or Design School (Idris Mootee, 2013)

Design Thinking: A Guide to Creative Problem Solving for Everyone (Andrew Pressman, 2018)

www.interaction-design.org

  1. Nomor Kursus

    SYS07201-03103446101016
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    510 Menit
  5. Bahasa

    English
  6. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.