Skip to main content

Pancasila


UPHx
Enrollment in this course is by invitation only
Logo UPH

 

Deskripsi

Fokus mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, karakter bangsa, alat pemersatu bangsa, bentuk peradaban bangsa, yang telah lama ada dan hidup dalam kebiasaan serta tradisi masyarakat Indonesia yang toleransi, tenggang rasa, dan menghargai keberagaman. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah menekankan pada “historical concept and story” sehingga mahasiswa sebagai generasi penerus mendapatkan kembali rangkaian peristiwa yang sebenarnya dan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk keberlangsungan hidup bermasyarakat, yang dikaji dan direfleksikan berdasarkan perspektif Wawasan Dunia Kristen.

Bobot = 2 SKS

Capaian Pembelajaran

  • CPMK.1 Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya mata kuliah Pancasila sebagai alat Pemersatu Bangsa: Dinamika dan tantangan yang dihadapi pada Periode Orde lama, Periode Orde Baru, dan Era Globalisasi melalui tanya jawab dengan benar.
  • CPMK.2 Mahasiswa dapat menganalisis Pancasila dalam konteks Sejarah Perjuangan Bangsa: Peran setiap perwakilan kelompok dan golongan dalam mengambil keputusan bersama (sidang BPUPKI tentang persatuan dan kesatuan) melalui diskusi yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.
  • CPMK.3 Mahasiswa dapat menjelaskan ciri khas dari falsafah hidup bangsa Indonesia melalui presentasi kelompok yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.
  • CPMK.4 Mahasiswa dapat menganalisis esensi Pancasila sebagai Dasar Negara melalui tanya jawab dengan benar.
  • CPMK.5 Mahasiswa dapat menguraikan pentingnya Pancasila sebagai Ideologi Negara bagi keberlangsungan NKRI melalui jurnal refleksi yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.
  • CPMK.6 Mahasiswa dapat menganalisis masalah yang dihadapi oleh Pancasila sebagai dasar Etika Politik di Indonesia melalui presentasi kelompok yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.
  • CPMK.7 Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelaksanaan HAM dan Demokrasi Pancasila di Indonesia melalui diskusi yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.
  • CPMK.8 Mahasiswa dapat mengidentifikasi fungsi-fungsi Pancasila bagi kehidupan bangsa dan NKRI melalui presentasi kelompok yang sesuai dengan kriteria pada rubrik.

Silabus:

Modul 1:

  • Pengantar Mata Kuliah Pancasila
  • Dinamika dan tantangan mata kuliah Pancasila
  • Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Modul 2:

  • Kebersamaan dalam perbedaan sebagai kesepakatan bersama menuju negara kesatuan
  • Pancasila sebagai sistem filsafat
  • Pancasila sebagai Dasar Negara
  • Implementasi Pancasila sebagai Dasar Negara  

Modul 3: 

  • Pancasila sebagai ideologi negara
  • Perdebatan Pancasila sebagai ideologi negara
  • Pancasila sebagai dasar etika politik
  • Polemik pada Pancasila sebagai dasar etika politik

Modul 4: 

  • HAM dan Demokrasi
  • Tantangan HAM dan demokrasi Pancasila di era globalisasi 
  • Fungsi Pancasila bagi kehidupan bangsa dan NKRI

Dosen Pengampu

Adventina Situngkir, M.Pd 

Email : [email protected] 

 Adventina Situngkir, M.Pd merupakan dosen tetap di Fakultas Liberal Arts. Ia mengajar di mata kuliah Pendidikan Pancasila dan mata kuliah Kewarganegaraan. Bidang minatnya meliputi pendidikan ilmu pengetahuan sosial di perguruan tinggi khususnya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan teknologi pendidikan. Ia memperoleh gelar Sarja dan Magister di Universitas Pelita Harapan.  

 

Desry Mey Syahni Purba, S.Pd
Email : [email protected]

 

Desry Purba, S.Pd merupakan  tutor online learning di Fakultas Liberal Arts. Ia menjadi tutor di beberapa mata kuliah yaitu Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, Soft Skills, Tech Skills, Leadership & Entrepreneurship, PAK dan WDK. Bidang minatnya meliputi pendidikan Biologi di perguruan tinggi. Ia memperoleh gelar Sarjana di Universitas Pelita Harapan.  

 

Referensi:

  • Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Dep. Pend. Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebud. RI, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila,  2016
  • Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Dep. Pend. Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebud. RI, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan,  2016
  • Kaelan; Filsafat Pancasila, Yogyakarta: Paradigma, 1997.
  • _____ ; Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta: Paradigma, 1995.
  • Karim, Mulyawan; Merajut Nusantara, Rindu Pancasila, Jakarta: KOMPAS, 2010.
  • Kresna, Aryaning Arya; Walukow, Devy Stany; Riyanto, Agus; R. Masri Sareb Putra (Ed); Etika Tertib Hidup Berwarga Negara, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
  • Magnis-Suseno, Frans; Etika Politik, Jakarta: Grasindo,1998.
  • Moedjanto, G, dkk; Pancasila, Jakarta: Gramedia, 1996.
  • Oesman, Oetojo; Alfian. (Ed), Pancasila Sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, Jakarta: BP-7 Pusat, 1992.
  • Panitia Nasional Peringatan Lahirnya Pancasila 1Juni 1945 – 1 Juni 1946; Camkan Pancasila
  • Rindjin, Ketut; Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Kompas Gramedia, 2012.
  • Simanjuntak, Marsillam; Pandangan Negara Integralistik, Jakarta: Grafiti, 1997.
  • Soepardo, dkk; Manusia Dan Masyarakat Baru Indonesia, Civics, Jakarta: Balai Pustaka, 1962
  • Scott, John; Isu-Isu Global : Menantang Kepemimpinan Kristiani, Penilaian Atas Masalah Sosial dan Moral Kontemporer, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2012
  • Sudarsa, Agun Gunandjar; Pancasila Sebagai Rumah Bersama : Bunga Rampai Pemikiran tentang Kebangsaan, Jakarta: PT. Semesta Rakyat Merdeka, 2013
  • Suryountoro, S; Dasar-Dasar Pengertian Pancasila, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1978
  • Walsh, Brian, J; Middleton, J. Richard; Visi Yang Membaharui : Pembentukan Cara Pandang Kristen, Jakarta : Reformed Institute Press, 2001.
  1. Nomor Kursus

    FLA12101B
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    Indonesian
  5. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.